Memancing Imajinasi dengan Mainan Edukatif

18 April 2018 - Kategori Blog

Memancing Imajinasi dengan Mainan Edukatif

Trend penggunaan gadget belakangan turut memberikan dampak pada anak-anak. Tak jarang anak sudah menggunakan gadget, padahal belum pada usianya. Para orang tua beralasan pemberian gadget pada anak ditujukan untuk sebagai media belajar melalui permainan di dalamnya. Sayangnya pemberian gadget pada anak ini dianggap kurang tepat. Meskipun pada gadget juga bisa memberikan pelajaran melalui permainan, namun akan lebih baik jika proses belajar itu dilakukan secara nyata. Seperti misalnya menggunakan media alat permainan edukatif. Beberapa peneliti pendidikan berpendapat bahwa Memancing Imajinasi dengan Mainan Edukatif masih terbilang efektif hingga saat ini karena anak jadi dapat belajar sambil bermain, penggunaan mainan edukatif pun relatif “seru” bagi anak usia dini jadi mereka tidak akan sadar bahwa sebenarnya mereka sedang belajar.



Peningkatan kecerdasan dan daya imajinatif anak pun tidak serta merta melesit begitu saja, tetapi orang tua atau pengajar harus ikut andil di dalamnya, harus turun tangan merangkul dan membimbing anak ajak usia dini nya dan disertakan keterlibatan teman seusianya agar anak usia dini tersebut memahami bahwa interaksi ataupun komunikasi sangat diperlukan.

Ada beragam jenis alat permainan edukatif yang bisa Anda pilihkan untuk anak sesuai umurnya. Memberikan alat bermain berbentuk nyata terbukti memiliki manfaat yang lebih besar pada anak dibandingkan permainan digital. Dengan permainan ini, anak-anak bisa secara langsung melatih kemampuan dirinya. Baik dari segi motorik, kreativitas, daya ingat, konsentrasi dan beragam kemampuan lainnya.



Melatih Imajenasi dengan Mainan Edukatif Boneka Tangan

Salah satu permainan edukatif yang biasanya digunakan pada anak-anak adalah boneka tangan. Alat permainan boneka tangan ini bermanfaat untuk melatih banyak kemampuan dasar pada anak. Dengan menggunakan boneka jari atau boneka tangan ini Anda bisa melatih kemampuan motorik halus anak. Kemampuan motorik halus yang berhubungan dengan ketrampilan fisik yang menggunakan otot kecil bisa dilatih dengan memainkan boneka jari. Selain itu, bermain boneka tangan juga bisa melatih imaginasi anak. Orang tua memainkan peran penting disini untuk memancing imajinasi anak dengan menciptakan alur cerita menggunakan boneka tangan. Dengan begitu anak bisa mengimajinasikan alur atau cerita yang dia dengar.



Masih ada banyak manfaat yang bisa anak dapatkan dengan memainkan permainan boneka tangan ini. Boneka tangan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko boneka. Anda juga bisa mendapatkannya di toko mainan edukatif yang khusus jual mainan edukatif seperti PT Mustika Cendekia Negeri. Akan lebih bijak jika sebagai orang tua Anda memilihkan media dan alat bermain yang sesuai untuk anak-anak. Menggunakan gadget alih-alih sebagai media bermain dan belajar tentu bukan ide yang tepat. Sebagai gantinya, menggunakan alat permainan yang bersifat edukatif menjadi pilihan utama. Jadi memancing imajinasi dengan mainan edukatif dan motorik anak sangat diperlukan.

keyword : Memancing Imajinasi dengan Mainan Edukatif

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter