Memilih Mainan Edukatif Sesuai dengan Usia Anak

05 April 2018 - Kategori Blog

.

Memilih Mainan Edukatif Sesuai dengan Usia Anak

.

Memilah dan memilih mainan edukatif sesuai dengan usia anak memang tidak boleh sembarangan dan tentu salah satu faktor pemilihan mainan edukatif ialah karena sudah berlabel SNI pada mainan edukatif nya. Jenis permainan yang salah bisa menjadi boomerang bagi sang anak. Misalnya jika anak Anda masih berusia dibawah satu tahun namun sudah diperkenalkan pada permainan yang berbahan cat atau kertas itu akan sangat berbahaya.

Pada usia ini anak sangat senang memasukkan benda-benda yang bisa diraihnya ke dalam mulut sehingga tidak meninggalkan kemungkinan kertas dan cat yang seharusnya untuk menggambar justru akan termakan oleh sang anak. Memilih mainan edukatif sesuai dengan usia anak yang memainkan harus dilakukan dengan tepat karena berhubungan dengan masing-masing usia anak yang membutuhkan karakteristik mainan edukatif yang berbeda pula.



Bagi anak dengan usia di bawah satu tahun sebaiknya pilihlah mainan edukatif yang sederhana dengan memberikan aksen warna-warna primer. Pilih juga mainan edukatif yang bisa dipegang, dilihat dan dipukul-pukul. Balok-balok ukuran sedang beraneka warna juga disarankan untuk anak usia ini. Jangan lupa untuk memilih mainan edukatif dengan bahan yang aman, bersih, empuk dan anti pecah, hal ini bisa didapatkan pada mainan edukatif yang sudah memiliki label SNI meningkat pada usia 2 tahun.

Memilih Mainan Edukatif yang Tepat untuk Anak

Silahkan anda pilih mainan edukatif yang dapat dimainkan dengan sedikit tenaga seperti didorong atau ditarik. System gaya dorong tarik ini berguna untuk melatih keseimbangan dalam proses latihan berjalan. Selain itu, mainan yang bisa diduduki atau dikendarai juga bisa melatih anak usia 1-2 tahun. Selanjutnya adalah memilih mainan edukatif sesuai dengan usia anak di 2-4 tahun. Pada usia ini anak biasanya sudah mulai lancar berjalan dan sedang belajar berbicara.



Pilihlah alat permainan yang sudah menggabungkan kemampuan semua indra sang anak. Misalnya dengan memberikan puzzle beraneka gambar dan warna untuk membantu konsentrasinya. Bisa juga dengan memberikan sepeda roda tiga untuk melatih geraknya. Sedikit berbeda dengan anak di usia 5 tahun yang sudah mengenal teman sebaya mereka.

Berikanlah permainan yang dapat dikerjakan bersama-sama dengan teman-teman mereka. Melakukan kegiatan bersama akan menambah kemampuan sosial anak-anak. Pilihan macam-macam alat permainan ini juga bisa didapatkan di PT. Mustika Cendekia Negeri. Perusahaan ini menyediakan bermacam mainan edukatif sesuai umur anak.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter